Tag

,

Benarkah generasi muda banyak yang lupa tradisi dan tergerus arus modernisasi? untuk menjawabnya yuk sejenak kita kupas satu persatu arti kata tradisi, budaya dan modernisasi.

Tradisi dalam kamus kbbi seperti yang penulis ambil dari (http://kbbi.web.id) adalah adat kebiasaan turun-temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat dimana penilaian atau anggapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan yang paling baik dan benar. budaya adalah bu·da·ya n 1 pikiran; akal budi: hasil –; 2 adat istiadat: menyelidiki bahasa dan –; 3 sesuatu mengenai kebudayaan yg sudah berkembang (beradab, maju) dari http://kbbi.co.id/arti-kata/budaya. Sedangkan modernisasi adalah modernisasi/mo·der·ni·sa·si/ /modérnisasi/ n proses pergeseran sikap dan mentalitas sebagai warga masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutan masa kini; pemodernan: penemuan listrik mempercepat — dalam kehidupan;

Mencermati pengetian ketiga istilah diatas maka hemat penulis bahwa ketiganya tidak bisa berdiri sendiri namun saling mempengaruhi satu sama yang lannya. Bermula dari budaya muncullah tradisi dan dari tradisi inilah wujud dari modernisasi itu berawal.

sebagai contoh, awal kehidupan manusia menurut catatan sejarah adalah bermula dari manusia yang belum berkebudayaan (belum mengenal tulisan) seiring dengan perubahan zaman maka budaya masyarakat terus berkembang dimulai dari masa food gathering, foodproducing, bercocok tanam, nomaden, barter, perundagian(kemahiran teknik), Megalitikum. Budaya manusia semakin terus berkembang setelah diterapkan konsep tradisi  beragama (kepercayaan) seperti animisme dan dinamisme. Ini adalah wujud dari modernisasi pemikiran manusia yang saat itu sudah harus dapat menjawab semua tantangan kehidupan. Bisa dibilang masyarakat purba berhasil dalam menjawab dan menyesuaikan dengan tantangan kehidupan.

Kita sejenak kembali kepada tema diatas. Dengan demikian tradisi sebagai perwujudan dari kebudayaan tidak tabu untuk senantiasa terus berkembang megikuti tuntutan zaman. Tinggal bagaimana pelaku kebudayan menyikapinya, memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk menyokong keberlangsungan dan keselamatan hidup.