Tag

TUGU JUANG ‘45

oleh:
ishom adalah
siswa kelas VIII SMP MBS Yogyakarta

Tugu berbentuk segi delapan ke atas dengan diameter 510cm, tinggi 350cm, dan luas tanah 1.080m2. bahan dari besi cor semen dan keramik. Kondisinya baik, terawat, dan milik pemerintah.
Tugu Juang ’45 dibuat pada tahun 1945 terletak di perbatasan Kota Kudus dan Demak tepatnya di Tanggul angin Dukuh kencing desa Jati Wetan kecamatan Jati. Menurut mantan bupati Kudus H. Soedarsono, Tugu Juang ’45 dibangun dengan maksud mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur membela kemerdekaan Republik Indonesia yang pada waktu itu para pendahulu kita berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan menghadang Belanda yang akan masuk ke wilayah kabuptaen Kudus, karena keterbatasan senjata yang dimiliki (hanya bambu runcing) maka banyak pahlawan kita yang gugur di medan laga Tanggul Angin.
Para tokoh pejuang angkatan ’45 menyayangkan mengapa Tugu tersebut di desa Wergu Wetan kecamatan Kota di sebelah utara Stasiun Kereta Api padahal Tugu Juang ’45 memiliki nilai historis. Namun para tokoh pejuang tersebut tetap bersyukur hanya dipindahkan tidak dimusnahkan sehingga peristiwa sejarah yang ada di Kudus akan tetap dikenang oleh generasi penerus.
(Sumber: Buku Peninggalan Sejarah dan Purbakala kabupaten Kudus.)