Tag

,

Ada yang tidak berubah dari Yogyakarta, setidaknya jika dilihat dari bangunan-bangunan yang masih ada di Yogyakarta. Dua bangunan yang masih ada dan letaknya juga tidak berpindah adalah Pasar Beringharjo dan Stasiun Tugu. Hingga hari ini, letak Pasar Beringharjo, yang juga dikenal dengan sebutan pasar lor (utara) atau pasar gedhe, karena memang menjadi “pusat pasar” di Yogyakarta, berada di kawasan Maliboro dan amat dekat dengan pintu masuk alun-alun utara, Kraton Ngayogyakarta. Tentu, memang sudah ada yang berubah dari Pasar Beringharjo, setidaknya dari seluruh bangunan pasar, namun pinti masuk, kiranya tida banyak perubahan bentuk. Coba anda lihah pasa Beringharjo seperti tertera pada foto tahun 1910. Jadi 92 tahun yang lalu.

Pada stasiun Tugu juga masih tetap, setidaknya pada posisi letak. Namun pasti telah berubah pada konstruksi bangunan, meskipun tidak total, setidaknya juga pada pintu masuk. Perubahan konstruksk yang terjadi adalah hal yang wajar. Coba anda lihat foto Stasiun Tugu pada tahun 1887, atau 115 tahun yang lalu untuk tahun 2002, anda akan bisa mengamati perubahannya.

Setidaknya, pada dua foto “Pasar Beringharjo” 1910 dan “Stasiun Tugu” 1887, orang bisa melihat perubahan-peruubahan yang telah terjadi.

Foto-foto direpro dari Djokja En Solo, dokumentasi mikik Karta Pustaka (Anggi Minarni)

di copy dari:

http://www.tembi.org/dulu/pasar_tugu/index.htm