Tag

, ,

Adalah sebuah kabupaten di bagian tengah pulau Flores, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ibukota kabupaten adalah Bajawa. Luas wilayah 3.037,9 km² dengan jumlah penduduk ±250.000 jiwa.

Kabupaten Ngada memiliki tiga suku besar yaitu Suku Nagekeo, Suku Bajawa, Suku Riung yang masing-masing mempunyai kebudayaan sendiri-sendiri yang masih dipertahankan sampai saat ini seperti rumah adat, bahasa yang berbeda satu sama lainnya, tarian, pakaian adat dan lain-lain.

Daftar Kecamatan

  1. Aimere
  2. Bajawa
  3. Golewa
  4. Riung Barat
  5. Riung
  6. Soa
  7. Wolowae

Dengan jumlah penduduk mencapai 250.000 jiwa yang hidup pada umumnya adalah petani, kabupaten Ngada merupakan salah satu kabupaten di Flores, Nusa Tenggara Timur yang memiliki adat budaya yang sangat unik karena pada kabupaten ini setiap kecamatan memiliki adat yang berbeda-beda antara satu dengan lainya, contohnya dalam hal berbahasa antara kecamatan satu dan lainya mempunyai bahasa yang berbeda-beda. Selain itu Kabupaten Ngada itu sendiri memiliki objek wisata alam dan budaya yang sangat menarik Taman Laut Tujuh Belas Pulau di Kecamatan Riung yang dapat menarik bagi wisata asing maupun wisata lokal.

http://id.wikipedia.org