Tag

, , , , ,

gebangRevitalisasi Candi gebang Orientasinya jadi pemersatu 2 Kawasan Yakni Stadion Maguwoharjo dan Wisata Air Embung Tambak Boyo

Kawasan Wisata Candi Gebang tahun 2009 ini akan direvitalisasi. Upaya yang direncanakan oleh Pemprop DIY tersebut bertujuan merumuskan arahan pengembangan kepariwisataan berkelanjutan yang berdasarkan pada potensi ekologi dan konservasi di kawasan Candi Gebang, serta untuk meningkatkan daya tarik dan daya dukung sebagai destinasi wisata unggulan.

Hal ini diungkapkan oleh Bambang Rahmanto dari CV. Karya Citra Mandiri sebagai konsultan saat melakukan audiensi dengan wakil bupatiSleman Drs. H. Sri Purnomo di Ruang RapatBupati. Dalam kesempatan tersebut hadir pula Sekda Sleman Ir. Sutrisno, M.kes. Asekda bidang pemerintahan Drs. Setya Budhi, Asekda Bidang pembangunan dr. Sunartono M.Kes. Kepala dinas kimprswilhub Ir. Yuni Zafria.

Sasaran revitalisasi menurut Bambang ialah terwujudnya pedoman dan arah pembangunan destinasi pariwisata kawasan candi Gebang. Mengingat kawasan ini selama ini memiliki jaringa transportasi yang terpadu. Revitalisasi kawasan candi Gebang juga karena latar belakang sejarah yang belum tereksploritasi secara mendalm. Selain itu juga karena kurangnya kepedulian masyarakat terhadap peninggalan nilai sejarah.

Konsep perencanaan itu menurut Bambang R. adalah pengembangan ekowisata Candi Gebang nuansa alami dan kawasan candi Gebang sebagai pemersatu diantara dua kawasan wisata yaitu stadion Maguwoharjo dan kawasan wisata air embung Tambak Boyo. Pendekatan kawasan perencanaan menitikberatkan pada pariwisata berkelanjutan berbasiskan pemberdayaan masyarakat.

Wabup Sleman menyambut baik gagasan yang dipelopori oleh Pemprop DIY karena akan melengkapi kepariwisataan di Sleman.

Sumber: KR, Jum’at 4 September 2009

gambar: pariwisata.jogja.go.id