Tag

, , , , ,

Berdasakrakn catatan harian kedaulatan rakyat edisi kamis 30 Juli 2009 Dinas kebudayaan dan pariwisata kota Solo mengadakan kegiatan yang sangat unik dan tergolong langka. Kegiatan ini ialah kemah budaya bernuansa masa kerajaan Majapahit, dan diselenggarakan selama 3 hari mulai kamis 30 juli 2009 dan diikuti oleh 220 kawula muda, di taman Balekambang Solo.

Semua aktivitas selama kemah berlangsung dibuat benar-benar mendekati situasi zaman Majapahit mulai dari busana peserta, interior lingkungan, sampai aktifitas jual beli diarena perkemahan tidak menggunakan uang rupiah tetapi menggunakan uang kepengyang telah disiapkan panitia.

Kegiatan yang melibatkan pemuda ini sungguh sangat menggembirakan ditengah menipisnya rasa bangga akan keluhuran dan keagungan budaya ditengah gempuran budaya asing. Rangkaian acara yang telah disipkan oleh panitia anatara lain workshop budaya, outbond budaya, seminar, pemutaran film sejarah, dll. Semua aktifitas berlangsung menggunakan bahasa jawa, demikian papan petunjuk, informasi, pengumuman dll ditulis dalam bahasa jawa.