Tag

Terletak di Dusun Sokoliman II Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo. Situs ini terbentuk pada periode prasejarah berupa menhir, fragmen menhir dan dinding kubur batu. Tahun 1934 Jl Moens dan Van der Hoop mengadakan penelitian di situs ini dan menemukan bekal kubur yang berbentuk manik-manik, aalat-alat besi, fragmen gerabah dan benda-benda perunggu.

Tahun 1989 BP3 (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) Provinsi DIY melakukan pembenahan dan mengumpulkan menhir yang berserakan. Masyarakat sekitar menyebut situs ini dengan nama ” Kuburan Budho”.

Dalam masa megalitik, menhir merupakan perwujudan tokoh masyarakat yang telah meninggal dunia dan sebagai media pemujaan kepada roh nenek moyang. Budaya megalitik Sokoliman mempunyai keistimewaan terutama pada menhirnya, yaitu pada bagian atas dipahat raut muka manusia.

Menhir ditemukan di tanah lapang Sokoliman. Batu tersebut diperkirakan tempat pemujaan manusia pada masa itu dan simbol kekuasaan atau kejadian tertentu, misalnya perang. Jumlah batu cukup banyak sekitar 140 buah. Lima diantaranya lebih besar dari yang lain, dan ini disebut Saka Lima yang artinya tiang yang jumlahnya lima serta ditengarai sebagai asal mula nama Sokoliman.

sumber:

http://www.pariwisata.gunungkidulkab.go.id

About these ads