Tag

, , , ,

keramikIndustri kereamik Klampok, Banjarnegara, Jawa Tengah bermula dari kerja keras KandarAtmomihardjo. Bermula dari kesempatan yang diperoleh Kandaar saat menjadi guru di Kebumen (1935) untuk belajar ilmu keramik di keramische labolatorium di Bandung. Stelah selama satu tahun Kandar belajar ilmu perkeramikan belio diserahi tugas memimpin perusahaan keramik Banjarnegara. Dalam pengembangan industri keramik yang dilakukanya mengalami pasangsurut terlebih setelah belio memimpin selama lima tahun belio ditugaskan di Magelang. Namaun tidak lama belio pulang ke Banjarnegra dan mendirikan sekolah teknik yang salah satu jurusannya ialah teknik membuat kermik.

Padatahun 1957 Kandarkeluar dari sekolah teknik dn mendirikan perusahaan industri keramik yang diberi nama Maedallai Mendidik Anak Dalam Lapangan Industri). Tenaga kerjanya kebanyakan ialah anak-anak putus sekolah dan pengangguran. Kandar meninggal pada tahun 1977 namun usahanya tidaklah sia-sia karena sejak kemunculan perusahan keramik rintisannya inilah menginspirasi banyak pihak sehingga pertumbuhan industri keramik di Purworejo Klampok bak cedawan di musim hujan.

Booming keramik asl Purworejo klampok terjadi sekitar tahun 1980an. Banayak para turis mancanegara datang keindonesia hanya sekedar ingin ke Purworejo Klampok dan memesan Keramik. Industri Kramik Purworejo Klampok Ini tergolong unik karena masih menggunakan teknik tradisional yaitu dengan teknik putar.

Komunika Edisi 1/ tahun 1V/Januari 2008

About these ads